Dandim 0103/Aceh Utara Sambut Tim Asnis dari Pusterad

oleh -76 views

Laporan | Sayed Panton

Lhokseumawe (AD) –  Tim Asistensi Teknis (Asnis) Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) kunjungan kerja ke Kodim 0103/Aceh Utara dalam rangka Asitensi Teknis Penyelenggaraan RTRW (Tata Ruang Wilayah pertahanan darat) Tahun 2021 yang di laksanakan di Ruang Aula Yudha Kodim 0103/Aceh Utara, Jumat, (05/03/2021).

Kunjungan tim Asnis Penyelenggaraan RTRW ini dipimpin Oleh Ketua tim dari Dir Ter Pusterad Brigjen TNI Budi Edwar S.I.P Beserta Rombongan, dan disambut langsung oleh Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P berserta Kepala Staf Kodim, Perwira Staf, dan para Danramil.

Dalam kesempatan itu Ketua Tim Asnis Brigjen TNI Budi Edwar S.I.P Menyampaikan selain bersilahturahmi, kunjungan ini untuk menyamakan persepsi tentang penyelenggaraan Kegiatan RTRW disatuan baik Satkowil maupun Satnonkowil jajaran TNI AD dengan berpedoman pada buku petunjuk teknis yang telah diterbitkan dari komando atas.

“Saya berharap setiap prajurit TNI AD harus bisa memahami, mempedomani dan melaksanakan ketentuan pokok yang di tetapkan oleh TNI AD secara benar karena RTRW ini sangat penting, yang bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang penyusunan RTRW yang berkaitan dengan fungsi pertahanan, dimana selama ini penyusunan RTRW Hanrat oleh Satkowil umumnya sudah berpedoman pada buku panduan sementara, namun belum terdapat keseragaman dalam bentuk format maupun esensi isi didalamnya dan implementasinya juga belum terintegrasi secara baik dengan tata ruang wilayah yang dibuat oleh Pemda,” katanya.

Dia menjelaskan Kasad selaku Pimpinan TNI AD telah membuat kebijakan bidang teritorial Agar kebijakan tersebut menjadi pedoman satkowil dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Kita perlu pahami bersama bahwa tuntutan tugas saat ini tidaklah ringan dinamika perkembangan lingkungan yang begitu cepat terakhir dengan pendemi covid 19 yang melanda seluruh dunia,” jelasnya.

Dalam sambutannya Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P menyampaikan Ucapan Selamat Datang di Makodim 0103/Aceh Utara Kepada Tim Asnis dari Pusterad dalam hal ini di dipimpin Oleh Ketua Tim Brigjen TNI Budi Edwar S.I.P beserta Rombongan.

Dalam kesempatan itu Dandim menyampaikan bahwa rencana tata ruang wilayah untuk pertahanan pada tingkat Kodim memuat rencana umum pemanfaatan wilayah dan kawasan guna kepentingan pertahanan keamanan di wilayah.

“Dalam menjalankan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, satuan Komando kewilayahan merealisasikan dengan kegiatan pembinaan teritorial yang pada hakekatnya merupakan potensi geografi, demografi dan kondisi sosial sebagai ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh yang bisa menjadi kekuatan wilayah”, ungkapnya.

Dandim mengharapkan agar melalui kegiatan Asitensi Teknis dari Pusterad ini akan Menjadi Acuan dan Pedoman untuk terwujudnya kesamaan visi dan persepsi antara tata ruang wilayah pertahanan darat baik tingkat Kodam, Korem dan Kodim.

Lebih lanjut menurutnya, komunikasi sosial antara Prajurit TNI AD dengan Aparat Pemerintah perlu dijaga dan terus ditingkatkan, sehingga tumbuh kepedulian dan kepekaan terhadap berbagai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial.

“Untuk itu, agar setiap pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan wilayah harus tetap melkasanakan komunikasi dengan aparat pemerintah agar dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, maka setiap Prajurit TNI AD harus selalu memahami tentang pokok-pokok penyelenggaraan kegiatan tersebut, dengan harapan pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan oleh Pimpinan TNI AD ”, tutupnya.(*).