Bintang Bulan Di Milad AM Ke 41 Alue Thoe

oleh -99 views

Calang ( ADC) – Peringatan Milad Ke 41 Aceh Merdeka, 4 Desember 2017 di Aceh Jaya digelar sederhana dengan khanduri, doa bersama, penyantunan anak yatim serta tausiah nasihat agama. Acara tersebut diselenggarakan diseluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya.

“Acara tahunan yang diadakan setiap tanggal 4 Desember, semenjak penandatanganan MOU, tujuannya mengenang jasa syuhada yang telah syahid semasa konfliks Aceh”, demikian dipaparkan Safwandi anggota DPRK Aceh Jaya Fraksi PA yang merupakan mantan pentolan GAM Sagoe Panga Daerah III Wilayah meureuhom Daya usai acara doa bersama di Dusun Moen Panah Gampong Kuta Tuha Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya 4 Desember 2017.

Pantuan media ini hingga laporan ini diturunkan belum ada informasi yang diterima tentang adanya pengibaran Bendera Bintang Bulan dan Upacara secara militer dalam memperingati milad AM ke 41 di Aceh Jaya, berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya dimana 4 Desember 2015 dan 4 Desember 2016 pengibaran secara upacara militer pernah dilakukan di Daerah I Wilayah Meureuhom Daya Kabupaten Aceh yang dilakukan oleh puluhan mantan kombantan Gerakan Aceh Merdeka.

4 Desember 2016 pada Milad Aceh Merdeka Ke 40 pengibaran bintang bulan oleh mantan kombantan GAM berlangsung di kaki gunung pinggir sungai, Kemukiman Pante Cermin, Kecamatan Jaya ( Lamno ), Aceh Jaya.

Sedangkan Milad AM Ke 39, 4 Desember 2015, belasan mantan GAM juga pernah mengibarkan Bendera Bintang Bulan secara upacara di Bukit Gle Mah, Lamno, Aceh Jaya. Selain mengibarkan bendera, para mantan GAM juga menggelar doa bersama.

Di Milad AM Ke 41 di Aceh Jaya. Bendera Bintang Bulan hanya terlihat tergambar dispanduk yang dipasang pada panggung pelaksanaan acara peringati milad di Gampong Alue Thoe Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. ( *** )

BACA..  Natalius Pigai: Jakarta Harus Memahami Daerah Konflik