DKA Abes Akan Gelar Kemah Seniman Ke 3 Akhir Oktober Mendatang

oleh -124 views

Kota Jantho (ADC) Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Aceh Besar, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Besar akan menyelenggarakan Kemah Seniman Ke-3 yang dipusatkan di Gampong Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, mulai 26 sampai 28 Oktober 2018.

Ketua DKA Aceh Besar, Drs H Burhanuddin MA MM, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturrahmi dan menampilkan kreatifitas seniman. Kegiatan yang rencananya dibuka oleh Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali nantinya akan diikuti seluruh seniman dari 23 kecamatan se-Kabupaten Aceh Besar.

“Selain ajang pertemuan para seniman, kemah seniman juga menampilkan berbagai karya seni. Di kesempatan itu, juga dilakukan pembentukan Dewan Kesenian Kecamatan,” kata H Burhanuddin disela meninjau kesiapan tempat, bersama Camat Lhoknga Drs Syarbaini MM, Imuem mukim Lhoknga, Keuchik Mon Ikeun bersama sejumlah pengurus DKAB, Kamis ,4 Oktober 2018.

BACA..  Wakapolda Aceh: Al-Qur'an sebagai Panduan Ibadah dan Pedoman Hidup

Menurut dia, yang terpenting dalam kegiatan tersebut diadakannya duek pakat (musyawarah seniman) dan diharapkan akan melahirkan sejumlah rekomendasi-rekomendasi terhadap keberlangsungan pelestarian dan seni Aceh Besar. “Semoga kerja besar ini mampu dilahirkan dalam kemah seniman 2018 dengan dukungan Muspika Lhoknga dan masyarakat,” pungkas H Burhanuddin.

BACA..  Wakapolda Aceh: Al-Qur'an sebagai Panduan Ibadah dan Pedoman Hidup

Sementara Camat Lhoknga, Drs Syarbini MM, menyambut baik atas ditunjuknya kecamatan Lhoknga sebagai tempat pelaksanaan Kemah Seniman Ke-3 tahun 2018. Dengan adanya event tahunan ini, diyakini akan membawa banyak manfaat, khususnya di bidang seni dan sekaligus, sebagai tempat perputaran dan pemberdayaan perekonomian masyarakat.

“Adanya kegiatan ini, kita harapkan, denyut perekonomian masyarakat, akan kembali tumbuh, dimana, akan banyak masyarakat yang berjualan, terutama dikawasan pasar Lhoknga yang selama ini kosong, dan diharapkan berdenyut kembali,” ucap Syarbini, usai menerima audiensi pengurus DKA diruang kerjanya.

Senada itu, Ketua Panitia Pelaksana Kemah Seniman ke-3, Mariadi ST MM menjelaskan, kegiatan kemah seniman diikuti oleh seniman-seniman yang berasal dari 23 kecamatan se-Aceh Besar dengan mengikutsertakan tiga orang senimannya setiap kecamatan. Selain akan diadakan pentas seni dengan menampilkan berbagai karya seniman Aceh Besar, dalam even tersebut, juga akan diadakan seminar yang menghadirkan pemateri yang berkompeten dibidangnya.

“Kami berharap kemah seniman tiga ini mendapat dukungan semua elemen masyarakat dan juga pihak kecamatan sudah bisa menyiapkan peserta, serta nanti pemanggilan peserta akan dikirimkan surat,” demikian Mariadi. (Dahlan)