DR Mariati Jadi Balon Bupati Aceh Jaya, Siapa Pengganti Dia di DPRA?

oleh -102 views
DR. Hj. Mariati MR, M. Si
DR. Hj. Mariati MR, M. Si

Banda Aceh | AP – Pasca mencuat informasi gugurnya Safrian Toni ( Pang Toni ) sebagai Balon Bupati Aceh Jaya yang diusung Partai Aceh dan Partai Demokrat dan didukung Partai Politik lainnya akibat tidak lulus tes kesehatan, sosok Dr. Hj. Mariati MR, M.Si diisukan menjadi calon terkuat menggantikan Pang Toni sebagai Balon Bupati Aceh Jaya 2017-2002.

Mariati saat ini yang menjabat Anggota DPR Aceh merupakan srikandi kelahiran Aceh Jaya, namanya telah lama diisukan bakal jadi pengganti Pang Toni. Banyak pihak mengharapkan, Mariati mau pulang untuk mengabdi dan berbakti kepada tanah kelahiran. Meskipun sebuah sumber yang dikutip Bongkarnews.com, Senin 3 Oktober 2016 malam, menyebutkan ada beberapa nama pengganti Pang Toni, namun nama DR. Mariati selalu disebut-sebut.

“Ibu Mariati banyak yang dukung, namun nama Ketua DPRK Aceh Jaya, Musliadi  Z juga ada yang usul. Selain itu ada juga nama Abu Yus dalam usulan itu,” sebut sebuah sumber yang dekat dengan Partai Aceh Kabupaten Aceh Jaya.

Jika Mariati jadi calon kuat pengganti Pang Toni sebagai Calon Bupati Aceh Jaya, maka siapa pengganti Mariati di Parlemen Aceh?. Sebuah sumber menyebutkan, sosok yang akan menggantikan Mariati di Parlemen DPRA mewakili Dapil 10 Aceh tak lain, dia merupakan putra kelahiran Aceh Jaya, saat ini beliau menjabat Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Jaya yaitu Abu Yus sapaan akrab dari nama lengkap Teungku Yusri. Beliau merupakan mantan anggota DPRK Aceh Jaya yang juga sesepuh Aceh Jaya serta mantan tokoh perjuangan Gerakan Aceh Merdeka Wilayah Meureuhom Daya yang dihormati dan disegani di Aceh Jaya.

“Kalau Ibu Mariati maju di Pilkada Aceh Jaya, ya penggantinya ya Abu Yus,” sebut sumber itu sambil meminta jangan sebut nama dengan alasan tak etis.

Dari informasi sebelumnya, DR Mariati akan berdampingan dengan Sekda Aceh Jaya, T Irfan TB, sebelumnya juga sudah ditetapkan oleh PA sebagai Cawabup Aceh Jaya.

Terkait telah ditetapkan DR Mariati sebagai pengganti Pang Toni, Juru Bicara PA Aceh Jaya, Aziz Muhajir belum dapat dihubungi. Ketika beberapa kali dihubungi ke telpon selulernya terdengan jawaban, “Non Aktif”..[Adi Teunom]