Petani Terancam Turun Ke sawah, Azwardi: Rekanan Krueng Pasee Agar Cari Solusi

oleh -48 views
Pj Bupati Aceh Utara Azwardi AP, M.Si tinjau pembangunan rehab Krueng Pasee.

LHOKSUKON, ATJEHDAILY.ID Pejabat (Pj) Bupati Aceh Utara Azwardi meminta kepada rekanan PT. Rudi Jaya sebagai pemenang tender pengerjaan rehab Bendungan Kreung Pase sayap kiri dan kanan di gampong Leubok Tuwe, Meurah Mulia agar mencari solusi untuk petani.

Hal tersebut diungkap oleh Azwardi AP,M.Si disela-sela kunjungannya di bendungan Krueng Pasee, diawal Agustus 2022.

Kedatangan dan kunjungan Pj Bupati sudah ditunggu-tunggu oleh tokoh masyarakat Meurah Mulia dan Nibong.

Saat tiba ke lokasi Azwardi sempat berdialog dengan imum mukim tunong Meurah Mulia Ismail dan sejumlah geuchik yang ada di lokasi bendungan Krueng Pasee.

BACA..  Dalam Rangka HUT RI ke-77, Bener Meriah Raih Kado Istimewa SKA Kopi Gayo dari KPRI

Sambil berdialog Azwardi berharap dihadapan masyarakat agar jangan ada masalah dengan di rehabnya bendungan Krueng Pasee, “kita tetap sampaikan kepada rekanan agar mencari solusi untuk pengaliran air ke sawah masyarakat,” ujarnya.

Para tokoh mengeluh nasib belasan ribu petani di sembilan kecamatan, di hadapan Pj Bupati Aceh Utara, dimana selama ini tidak bisa mengolah sawah atau bercocok tanam sejak bendungan direhab, aliran sungai tidak dialiri air ke saluran pengalih yang terkonek dengan saluran induk sayap kiri dan kanan, sehingga ribuan hektar sawah mengalami kekeringan.

BACA..  Sukses Melaksanakan Upacara 17 Agustus 2022 Wali Kota Sabang Apresiasi Peringatan HUT RI Ke-77

Sambil berdialog Azwardi berharap dihadapan masyarakat agar jangan ada masalah dengan di rehabnya bendungan Krueng Pasee, “kita tetap sampaikan kepada rekanan agar mencari solusi untuk pengaliran air ke sawah masyarakat,” ujarnya.

“Kepada kontraktor bendungan Krueng Pasee sayap kiri dan kanan kita harapkan agar mencari solusi tepat dan cepat untuk mengaliri air ke sawah masyarakat, sehingga mata pencaharian masyarakat wilayah tengah Aceh Utara bisa terealisasi,” tuturnya.

Di ketahui, rehab bendungan Krueng Pasee dianggarkan dari dana APBN tahun 2022 sebesar 44 milyar lebih. “Dengan anggaran sebesar itu kita harapkan bendungan tersebut bisa utuh semaksimal mungkin untuk kebutuhan masyarakat,” ungkap Pj Bupati.

BACA..  Ketua Komisi I: Jangan ada Manipulasi Data Tenaga Honorer

Kondisi lapangan, progres kerja sudah menunjukkan ada aktivitas dibandingkan beberapa bulan yang lalu, bahkan masyarakat sempat cemas kenapa tidak cepat realisasi di lapangan.

Turut hadir dalam kegiatan kunjungan Pj Bupati Aceh Utara Azwardi diantaranya Ketua DPRK Aceh Utara Arafat Ali, Kabag Humas Hamdani,M.Ag, Kepala Dinas PUPR Edi Anwar,ST, Muspika Meurah Mulia.(Sayed Panton).