Wujudkan Kader-Kader PKK Yang Tertib Administrasi

oleh -121 views
example banner

Laporan | Maimun Mirdaz

Bireuen (AD) – Ketua TP-PKK Kabupaten Bireuen, Hj Nurjannah Ali, SE, MM dalam penutupan Bimtek Peningkatan Kapasitas Ketua tim PKK Gampong di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Minggu (1/11) malam, menyebutkan, agar pengurus PKK Gampong, untuk memahami, juga mengetahui Pembukuan, serta tertip adaministrasi.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bireuen, yang juga istri Bupati Bireuen itu menyebutkan secara jelas, bahwa bimbingan teknis (bimtek) Peningkatan Kapasitas Ketua tim PKK Gampong yang erat kaitannya dengan Administrasi, yang mempunyai tujuan agar pengurus PKK di Gampong dapat mengetahui dan memahami tentang pembukuan segala aktifitas di Gampognya, selain mewujudkan kader-kader yang tertip administrasi.”Pentingnya peningkatan pengetahuan, wawasan serta skill dalam mengelola administrasi PKK,” ujar Nurjannah Ali.

Studi Perbandingan, Orientasi Lapangan ke dua Gampong di kawasan Aceh Besar, disebutnya Nurjannah Ali, adalah bimtek yang digagas Lapenkapi Bireuen yang bertujuan, agar pengurus PKK desa dapat mengetahui dan memahami tentang pembukuan segala kegiatan di desa, serta perlunya peningkatan pengetahuan, wawasan dan keterampilan dalam mengelola administrasi, termasuk administrasi umum maupun administrasi keuangan, yang merupakan langkah awal dalam pelaksanaan 10 Program pokok PKK,” kata Nurjannah Ali.

BACA..  Gerakan Masker Aceh Menyasar Anak Sekolah

Dirinya minta kegiatan bimtek ini, hendaknya dapat meningkatkan pengetahuan dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera, dan pada waktu mendatang wajib membentuk kelompok dasawisma di setiap desa, dan kegiatannya harus tetap diaktifkan, jangan cuma dibentuk saja, tapi tidak ada kegiatannya.

Dalam Bimtek angkatan ke dua ini, hanya diikuti dua kecamatan dari 17 kecamatan di Kabupaten Bireuen, masing-masing, Kecamatan Simpang Mamplam, dan Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, yang sebelumnya lima kecamatan sudah mengikutinya pada angkatan pertama, masing-masing, Kecamatan Peudada, Kecamatan Kota Juang, Kecamatan Pandrah, Kecamatan Jangka, dan Kecamatan Samalanga.

Hadir dalam kesempatan itu, Kadis PMG-PKB Kabupaten Bireuen, Mulyadi, SH, serta dihadiri pula nara Sumber Dari Lepenkapi, Dr Marwan Hamid, M.Pd, Drs Zulkifli Ak MM.CA, Drs M Najib,M.Pd dan Dra Sarwati Sofyan.

BACA..  Gerakan Masker Aceh Menyasar Anak Sekolah

Para Ibu-ibu PKK gampong pada gelombang ke dua ini, berkesempatan mengikuti orientasi lapangan yang diikuti 62 peserta dari dua Kecamatan di Kabupaten Bireuen, ke Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar dan Gampong Dayah Daboh, Kecamatan Montasik, Aceh Besar.

Tujuan mereka ke Gampong Tumbo Baro untuk belajar tata kelola administrasi di Bidang PKK yang dijelaskan Geuchik Gampong setempat, H Khalid Wardana, M.Si, membeberkan pengalaman hidupnya yang dialami orang nomor satu di Gampong Tumbo Baro. Juga, penjelasan dari Tim PKK setempat, Naili AMd.Kep, Salawati dan Rusmina menyangkut berbagai program pembinaan PKK dan Prestasi Gampong Tumbo Baro yang pernah diraih di event di tingkat Provinsi Aceh dan Nasional.

Selain itu, perserta bimtek melanjutkan peninjauan ke salah satu Sentra Souvenir di Gampong Dayah Daboh, Kecamatan Montasik, Aceh Besar yang saat ini, memiliki berbagai jenis mesin jahit, peralatan modifikasi border dan Rumoh Gallery Bungong Aceh, yang kesemuanya itu, atas dukungan Bank Indonesia (BI), yang bertujuan untuk menampung berbagai produksi souvenir dari masyarakat.

BACA..  Gerakan Masker Aceh Menyasar Anak Sekolah

Salah seorang ibu PKK Gampong dari Kecamatan Simpang Mamplam, mengaku sangat terkesan dengan kemajuan yang di gapai Gampong Tumbo Baro dan secara pribadi Ia mengaku sangat cemburu dengan hasil yang diperoleh Gampong Tumbo Baro, yang kemajuan dan prestasinya sangat luar biasa, sehingga tim PKK di Simpang Mamplam ingin meningkatkan kemajuan di desanya itu.

Sedangkan seorang peserta dari Gampong Awee Geutah, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, yang mengaku baru pertama kali mengikuti orientasi lapangan, dan Ia sangat bangga dengan Kabupaten Bireuen, karena mengadakan kegiatan bimtek seperti ini. Justru dalam kegiatan tersebut mereka bisa berkunjung ke desa yang inovatif, sehingga tergerak hatinya, untuk lebih maju, apalagi Gampong tersebut pernah mendapatkan berbagai juara, malah sampai tingkat nasional.(*).