Hidup Tidak Sehat Apa Bisa Kena Diabetes? 

oleh -156 views
example banner

OPINI Oleh | Aiman Kamila

PENYAKIT DIABETES atau yang sering dikenal dengan kencing manis, tak luput dari perhatian dunia. Pasalnya diabetes yang merupakan salah satu penyakit tidak menular (PTM) masih menjadi salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian tertinggi.

Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyebab dari 38 juta kematian per tahun atau 68% dari seluruh kematian yang tejadi di dunia.

Sebagian besar kematian disebabkan oleh empat PTM salah satunya adalah diabetes dengan jumlah kematian sebesar 1, 6 juta kematian atau 4% dari semua kematian akibat PTM.

Penyakit diabetes masih menjadi penyumbang angka kematian ketiga terbesar setelah penyakit stroke dan penyakit jantung coroner untuk kasus di Indonesia. Provinsi DKI Jakarta masih menjadi pusat perhatian mengenai kasus diabetes.

Pasal nya DKI Jakarta yang notabene nya adalah ibukota dari negara Republik Indonesia, masih menjadi salah satu wilayah dengan prevalensi tertinggi untuk kasus diabetes.

Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018, angka kejadian mengenai diabetes di Jakarta meningkat dari 2,5% menjadi 3,4% dari total 10,5 juta jiwa atau sekitar 250 ribu penduduk di DKI menderita diabetes.

BACA..  Prediksi Pertandingan Bournemouth vs Preston

Diabetes mellitus (DM) atau yang lebih dikenal dengan penyakit kencing manis adalah penyakit kelainan metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh, ini dikarenakan adanya gangguan pada hormon insulin.

Gangguan pada hormon insulin ini dapat berupa terlalu sedikit nya hormon insulin yang diproduksi ataupun hormon insulin tidak dapat digunakan oleh tubuh. Penyakit ini salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan, tetapi keparahan dari diabetes ini dapat dicegah dan dapat di kontrol dengan mengikuti anjuran dari dokter yang menangani nya.

Pada orang sehat penyakit ini dapat di cegah agar tidak terkena dengan menerapkan perilaku hidup sehat. Tidak menutup kemungkinan pada orang diabetes dapat mengalami komplikasi, yang dapat mempengaruhi kualiatas hidup penderita.

Ini dikarenakan diabetes dapat menyerang organ vital dan juga menyerang organ penting lain nya. Komplikasi yang sering terjadi, yang dialami oleh pasien adalah luka pada kaki, Karena tidak adanya rasa sakit yang timbul ketika terjadi luka nya luka.

BACA..  Prediksi Pertandingan Bournemouth vs Preston

Hal ini dikarenakan adanya kerusakan pada saraf sehingga terkadang para pasien diabetes tidak mengetahui bahwa ia sudah mengalami luka pada kaki.

Tidak menutup kemungkinan setiap orang dapat menderita diabetes, hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor yang tidak dapat diubah dan dapat diubah. Beberapa faktor yang tidak dapat diubah, yaitu: umur dan riwayat keluarga yang menderita diabetes.

Sedangkan untuk faktor yang dapat diubah adalah perilaku hidup yang kurang sehat. Perilaku hidup yang kurang sehat yang bisa memicu terjadi nya diabetes, seperti: obesitas, kurangnya aktivitas fisik/ olahraga, hipertensi, diet tidak sehat/tidak seimbang, merokok, serta konsumsi minuman ataupun makanan manis dengan perasa gula secara rutin.

Menteri kesehatan Indonesia menegaskan, guna mencegah komplikasi dan menghindari penyakit diabetes, bukan hanya dilakukan oleh tenaga medis.

Melainkan dari semua kalangan di harapkan dapat membantu pencegahan penyakit ini.  Pemerintah Indonesia juga telah membentuk pos PTM sebagai upaya untuk mencegah dan mengendalikan penyakit tidak menular (PTM) ini.

BACA..  Prediksi Pertandingan Bournemouth vs Preston

Adapun beberapa pencegahan yang dapat dilakukan, yaitu: Pertahankan berat badan ideal, maksud nya adalah agar seseorang dapat menjaga berat badan nya dengan sering beraktivitas fisik/ olahraga, menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi makan-makanan yang manis. Hal ini berlaku bagi orang yang sehat, yang menderita diabetes dan juga yang memiliki riwayat keluarga terkena diabetes.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr.Cut Putri Ariane, M.H.Kes mengatakan bahwa “Upaya pencegahan itu perlu disosialisasikan tidak hanya oleh pemerintah tapi juga perlu dilakukan oleh semua sektor termasuk masyarakat,”

Kementrian kesehatan Indonesia juga memperingati hari diabetes sedunia, hal ini dilakukan agar masyarakat paham dan tahu penting nya menerapkan perilaku hidup sehat. Kegiatan yang dilakukan, yaitu melakukan sosialisasi informasi tentang diabetes, dan membuat surat kepada seluruh dinas kesehatan di seluruh provinsi yang ada di Indonesia untuk melakukan promosi kesehatan, salah satu nya mengenai diabetes. (*)

(Penulis | Aiman Kamila, mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, KKN)