Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

MTQ Tingkat Kabupaten Bireuen, Gandapura Sukses Raih Juara Umum

oleh

Bireuen (AD) Kecamatan Gandapura yang ikut serta dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Bireuen yang ke 35 kembali meraih sukses , sebagai juara umum, setelah dalam event yang sama, berhasil mengokohkan dirinya sebagai kampiun dua kali berturut-turut.

Sementara piala bergilir MTQ ke 35 diserahkan Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si yang diterima Camat Gandapura, Mirza Fahmi, SSTP, di panggung utama di Mesjid Agung, Bireuen, Senin (2/8).

Kepastian Kecamatan Gandapura sebagai juara umum MTQ ke 35 disampaikan Koordinator dewan hakim Dr Tgk Nazaruddin Abdullah, MA. Maka, dengan ditetapkan Gandapura sebagai juara umum, menjadikan kecamatan itu, tiga kali berturut meraih predikat juara umum MTQ Bireuen, sebut Ketua Panitia Anwar, S.Ag, M.A.P.

Bupati Muzakkar mengajak para pimpinan dayah, setelah Kabupaten Bireuen dideklarasikan sebagai kota santri pada tahun lalu, ke depannya Bireuen harus bersinar dan berjaya dalam ajang MTQ provinsi maupun MTQ tingkat nasional.

H Muzakkar menilai, dari pelaksanaan MTQ, bukan hanya dilihat dari aspek teknis pelaksanaannya saja yang berhasil, namun yang sangat penting proses penanaman nilai-nilai isi kandungan Al-Qur’an bagi generasi anak bangsa harus menjadi pedoman hidup. Demi tercapainya kebahagiaan di dunia dan diakhirat.

Dikatakan, terus menumbuhkan dan menghidupkan lantunan bacaan ayat-ayat suci Al-Quran di lembaga-lembaga pendidikan, baik formal maupun non formal. Di sekolah-sekolah, di balai pengajian dan dayah, di meunasah dan masjid juga di seluruh rumah-rumah masyarakat. Mari kita membiasakan pengajian bakda magrib, menghafal ayat-ayat pendek sebelum mulai proses belajar mengajar di sekolah, “one day one ayat”. “Memperbanyak jamaah subuh mengaji, menghidupkan majlis taklim dengan menafsirkan ayat-ayat Al-Quran dan kegiatan lainnya yang mampu menumbuhkan kecintaan anak dan masyarakat kepada Al-Quran,” paparnya.

Bupati berharap kepada peserta yang telah meraih prestasi pada MTQ kali ini, dapat menjadi pemicu agar lebih berprestasi kedepannya untuk mewakili Kabupaten Bireuen pada MTQ di tingkat provinsi dan nasional. Bagi yang belum berhasil menjadi juara, jangan kehilangan semangat untuk meraih prestasi. “Jangan pernah putus asa dalam berusaha, teruslah belajar dan menambah wawasan keilmuan tentang Al Qur’an, sehingga pada kesempatan lain akan lebih baik,” pinta Bupati Muzakkar.

Ketua panitia Pelaksana, Anwar, S.Ag, M.A.P juga merincikan tentang hadiah pembinaan yang diberikan untuk masing-masing juara, yang meliputi juara umum mendapatkan uang pembinaan Rp 5.000.000, untuk juara I sebesar RP.1.500.000 dan Juara II RP.1.200.000, serta juara III RP.1.000.000. Sedangkan untuk juara harapan I RP 800.000, harapan II RP. 700.000, dan harapan III RP. 600.000.”Tentunya ini, sangat kecil di bandingkan kerja keras peserta dan official. Namun kami yakin semua peserta dan official ikut MTQ bukan karena jumlah nilai uang, tetapi lebih dari pada itu, mengingat, ini sebagai ajang silaturrahmi qari-qariah, pelatih, official dan dewan hakim, juga bagian dari pelaksanaan syiar syariat islam,” urai Anwar, S.Ag, MAP yang juga Kadis Syariat Islam Kabupaten Bireuen.(Maimun Mirdaz).