Imigrasi Kota Langsa Deportasi 8 Orang Warga Myanmar

oleh -119 views

Kota Langsa | ADC – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa, melakukan deportasi terhadap 8 orang warga negara Myanmar yang merupakan Anak Buah Kapal (ABK) yang ditangkap oleh Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Belawan di Perairan selat Malaka beberapa waktu lalu.

Pendeportasian terhadap 8 warga asing ini dilakukan melalui Bandara Internasional Kualanamu, Medan Sumatera Utara, di bawah pengawasan langsung petugas Imigrasi Kelas II TPI Langsa, Selasa (2/7/2019).

“Semua warga asing ini dideportasi langsung ke negara asalnya Myanmar,” sebut Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa, Mirza Akbar kepada media ini, Rabu (3/7/2019).

Dijelaskannya, dari 8 warga Myanmar yang dideportasi tersebut, 1 orang merupakan eks narapidana Ilegal fishing yang sudah selesai menjalani masa tahanan di Lapas Kelas II TPI 1 Langsa.

“Sementara 7 orang adalah ABK yang ditangkap oleh PSDKP Belawan di perairan selat malaka beberapa waktu lalu. Setelah dilakukan pemeriksaan, pihak PSDKP Belawan menyerahkan 7 warga negara Myanmar ini ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa untuk proses pemulangan,” sebut Mirza.

Selain pemulangan atau deportasi ke negara asal, 8 warga negara Myanmar tersebut juga dikenakan Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) penangkalan untuk masuk ke Indonesia dalam jangka waktu tertentu,” tandasnya. (Zainal/ardi).