Pj Bupati Inspektur Upacara Hardiknas dan HUT ke-39 Kota Jantho

oleh -157 views

Kota Jantho (AD) Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39 Kota Jantho dan peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho, Rabu 3 Mei 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Forkopimda, Danlanud SIM, Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekdakab, pejabat TNI, Polri, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, Kepala OPD, camat, pejabat perbankan, Direktur PDAM Tirta Mountala, Kakankemenag Aceh Besar H Salman, para kepala sekolah, Kepala Puskesmas, ASN, tenaga kontrak, dan tokoh-tokoh masyarakat. Dalam kegiatan itu, para pejabat menggunakan pakaian adat Aceh lengkap didampingi istri masing-masing.

Dalam sambutannya, Pj Bupati  Muhammad Iswanto mengatakan, meski diperingati secara sederhana, namun upacara tersebut  memiliki makna yang mendalam, yakni bertambahnya usia Kota Jantho dan usia pendidikan nasional.

“Kedua event ini merupakan sebuah amanah dari pejuang bangsa yang harus dilaksanakan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Mari kita selalu meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT,” katanya.

Kota Jantho ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Aceh Besar, dengan Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 1979. Untuk itu, patut disyukuri atas perjuangan para pendahulu penyelenggara pemerintahan. Ke depan, diminta semua pihak untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu guna terus berbenah dalam penyempurnaan di segala bidang.

BACA..  Pj Wali Kota Serahkan Paket Ramadan Bank Aceh Kepada Pasukan Oranye

Saat ini, lanjut Pj Bupati Aceh Besar, bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya atau tahun awal, pembangunan Kota Jantho telah banyak juga kemajuan yang telah dicapai, baik di bidang agama, ekonomi, pendidikan, infrastruktur, pertanian, sosial budaya, kesehatan, maupun sektor lainnya. Sejalan dengan kemajuan tersebut, diharapkan Kota Jantho dapat menjadi Kota yang Maju dan Sejahtera. Seperti tema HUT Kota Jantho pada tahun ini yaitu “Menuju Aceh Besar Maju dan Sejahtera.

Iswanto mengemukakan, para pendahulu  telah membuktikan tekadnya untuk menghidupkan Kota Jantho sebagai pusat transit. Dari tengah bumi Aceh Besar ini, digagas jalur alternatif, Jantho-Panca, Jantho-Keumala (Pidie) hingga Jantho-Lamno. Dua ruas awal telah direalisasikan dalam bentuk trase jalan, sedangkan Jantho-Lamno kini telah beraspal hotmix hingga nyaris menyentuh bibir demarkasi dengan Lamno, Kabupaten Aceh Jaya.

Selain itu, ia juga memaparkan, banyak gagasan yang telah direalisasikan para pendahulu  untuk menjadikan Kota Jantho sebagai sebuah magnit baru di Aceh. Berbagai event telah dilaksanakan di Kota Jantho sebagai upaya untuk menjadikan kota ini sebagai Kota Kuliner, Kota Wisata dengan berbagai potensi wisata alam yang menantang, termasuk untuk arung jeram dan adventure. Bahkan khusus untuk peringatan HUT ke-39 Kota Jantho tahun ini, juga telah diadakan event trail adventure mengelilingi lokasi wisata dan pemandangan alam yang eksotis seputar Kota Jantho.

BACA..  Amiruddin Dampingi Menko PMK Kunker ke Lampulo

”Semua itu untuk memperkenalkan potensi wisata selingkar Kota Jantho yang memang sangat menjanjikan,” paparnya.

Saat ini, ujarnya lagi, Pemkab Aceh Besar  sedang menjadikan Kota Jantho sebagai Kota Olahraga dengan memberdayakan fasilitas yang telah dibangun melalui PORA Aceh Besar empat tahun silam. Selain itu juga untuk menyongsong event olahraga nasional PON ke-21 di Aceh Sumut. Satu lagi obsesi adalah, menjadikan Kota Jantho sebagai Kota Pendidikan. Saat ini, telah hadir kampus ISBI Aceh di Kota Jantho.

”Kini kami terus berjuang agar hadir Kampus Regional Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kota Jantho. Kami pikir itu bukan sekadar obsesi kosong, karena didukung oleh kondisi lahan, cuaca rutin serta fasilitas jalan tol yang langsung ke Bandara SIM. Jika ini terwujud, akan memunculkan multiflyer effeck yang luar biasa,” tutur Iswanto.

Terkait dengan peringatan Hardiknas,  Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan, guru, Majelis Pendidikan Daerah, organisasi profesi, dan pemangku kepentingan lain atas segala ikhtiar, kepedulian, dan perhatian yang diberikan dalam menumbuh kembangkan dunia pendidikan.

BACA..  Amiruddin Dampingi Menko PMK Kunker ke Lampulo

Momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan selama tiga tahun terakhir,  dapat merancang arah perjalanan  ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Gerakan Merdeka Belajar.

Oleh karena itu, mari  semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Sementara itu, Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi menambahkan, rangkaian peringatan HUT ke-39 Kota Jantho juga dilanjutkan dengan Sidang Paripurna DPRK Aceh Besar dalam rangka peringatan HUT ke-39 Kota Jantho tahun 2023, pelaksanaan donor darah di Lapangan Bungong Jeumpa dan pawai karnaval yang diikuti oleh ratusan pelajar di Kota Jantho.

“HUT ke-39 Kota Jantho ini mengusung tema “Menuju Aceh Besar Maju dan Sejahtera,” tambah Drs Sulaimi MSi. (*)