Pekerja Proyek Pemasangan Pipa Air Tanpa K3 dan Konsultan Pengawas

oleh -9 views
pekerja proyek
example banner

example banner

KUALASIMPANG (AD) Pekerja proyek pemasangan pipa air minum di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh tanpa menggunakan pengamanan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan pengawasan dari Konsultan Pengawas.

Hasil pantauan Atjehdaily.Id, Senin, 3 Mei 2021 terlihat dengan jelas para pekerja tanpa menggunakan helm pengaman dan peralatan keselamatan kerja lainnya. Anehnya, di lokasi kerja tidak terlihat para pengawas dan pihak PT. TH sebagai pelaksana pekerjaan.

Saat atjehdaily.id dan beberapa wartawan melakukan konfirmasi pada Direktur PDAM Tirta Tamiang, Ismail. Rabu, 28 April 2021 lalu. Dan pada Sabtu, 1 Mei 2021 para wartawan langsung meninjau ke lokasi kerja pemasangan jaringan pipa air minum, di Kecamatan Rantau.

BACA..  Tali Silaturahmi Terputus Pasca Dinas Perhubungan Aceh Larang AKDP

Di lokasi kegiatan, terlihat pada papan nama proyek pekerjaan optimalisasi Spam IKK Rantau Kabupaten Aceh Tamiang, nomor kontrak : HK. 02.03/PPK-AM/Kont/24203, tanggal kontrak : 30 Desember 2020, nilai kontrak : Rp. 2.424.067.000, kontraktor pelaksana PT. TH, konsultan supervisi GK, sumber dana APBN anggaran tahun 2021 Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Aceh Pejabat Pembuat Komitmen Air Minum, waktu pelaksanaan 180 hari kelender.

Saat berada di lokasi kegiatan, para wartawan hanya melihat para pekerja galian pipa dan tenaga kerja penyambungan pipa.

Sepanjang galian, minim sekali police line yang dipasang sebagai pengaman para pekerja apa lagi itu, tidak memakai kelengkapan keselamatan kesehatan kerja (K3), lalu para  wartawan tidak melihat adanya konsultan pengawas di saat penyambungan dan penimbunan pekerjaan.

Beberapa pekerja di lapangan, ketika akan dikonfirmasi oleh para wartawan menolak menjawab pertanyaan wartawan, dan mengatakan, mereka hanya pekerja, sedang pengawas minggu lalu ada, yang jelas mereka tidak tahu masalah proyek.

BACA..  Tali Silaturahmi Terputus Pasca Dinas Perhubungan Aceh Larang AKDP

Bila semua pekerjaan proyek dengan anggaran miliyaran rupiah dikerjakan seperti itu, tanpa didampingi konsultan saat pelaksanaan pekerjaan di lapangan sangat membahayakan.

Ini menjadi perhatian semua pihak, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tamiang tidak mengetahui kegiatan pemasangan pipa air minum di wilayah kerjanya dan ditambah lagi tidak ada yang mengawasi pekerjaan tersebut, terus bagaimana hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. (*)