Pastikan Prokes Berjalan, Diyah Cek Lokasi Wisata

oleh -83 views
example banner

Laporan | Syawaluddin

JANTHO (AD) – Untuk memastikan Protokol Kesehatan (Prokes) berjalan selama libur panjang, Wakil Ketua Satgas Covid Aceh; Dyah Erti Idawati, menyempatkan diri memantau langsung penerapan protokol kesehatan di tengah keramaian lokasi wisata.

Dyah berkunjung ke Pantai Pasir Putih Lhok Mee, Gampong Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Minggu, 1 November 2020 kemarin.

Bersama Tim Penggerak PKK Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, serta Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Tim Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh serta Tim Satpol PP WH.

BACA..  Gelar kegiatan Binkomsos, ini Pesan Dandim 0103/Aceh Utara

Dikatakan; pemantauan itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya klaster baru penularan virus corona di tempat wisata. Sebab, selama libur panjang empat hari ini sejumlah tempat wisata kian dipadati oleh pengunjung.

“Kita harus terapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, tiga itu yang harus diingatkan kepada pengunjung dilokasi objek wisata, dimanapun itu,” tegasnya kepada atjehdaily.id, Minggu, 2 November 2020.

Meningkatnya kunjungan wisatawan selama libur panjang ini juga patut disyukuri, sebab selama pandemi sektor wisata kian terpukul.

BACA..  Gerakan Masker Aceh Menyasar Anak Sekolah

Pun demikian jalannya roda perekonomian juga harus diiringi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat agar masyarakat aman dari paparan virus corona.

“Berdasarkan amatan, banyak dari pengunjung sudah sadar untuk memakai masker dan ini perlu terus kita ingatkan,”ujar Dyah.

Untuk mendukung penerapakan protokol kesehatan di tempat wisata, kata Dyah, pemerintah telah menyediakan sejumlah wastafel untuk mencuci tangan dan sejumlah baliho edukasi sebagai tanda pengingat.

BACA..  Gelar kegiatan Binkomsos, ini Pesan Dandim 0103/Aceh Utara

“Setiap jengkal tanah Aceh begitu Indah, jadi kita tidak bisa untuk melarang masyarakat untuk tidak berkunjung menikmati tempat-tempat wisata, tapi upaya kita adalah terus mengedukasi dan mengingatkan masyarakat untuk patuh protokol kesehatan,” kata Dyah.

Dituturkan, Pemerintah Aceh terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan virus corona di Aceh. Ia berharap, setiap pengunjung di berbagai tempat wisata selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dengan demikian penyebaran virus corona dapat ditekan dengan lebih cepat. (*)