Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Antisipasi Pungli, Walikota Sabang Kukuhkan Tim Satgas Saber 

oleh

Sabang (AtjehDayli)-Dalam rangka mengantisipasi Pungutan Liar (Pungli) Walikota Sabang,  Nazaruddin mengukuhkan Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Siber) Kota Sabang di aula Walikota, Senin (02/10/17).

Walikota Sabang,  Nazaruddin mengatakan,  sebagaimana yang diketahui bersama terbentuknya Tim Sapu Bersih Pungutan Liar di daerah ini adalah amanat Perpres No.87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Kata walikota, fungsi Satgas Saber Pungli yaitu membangun sistem pencegahan, dan pemberantasan pungli, serta melakukan operasi tangkap tangan. Kemudian merekomendasikan kepada pimpinan agar dilakukan penindakan, dan melakukan monitoring.

“Praktik pungli hampir menjadi budaya. Saat ini masyarakat kita juga sangat toleran terhadap praktik pungutan liar,” ujarnya.

Satgas saber pungli yang sudah dikukuhkan ini diharapkan fokus melakukan pengawasan di seluruh area perizinan, pengelolaan dana hibah, bansos, pengelolaan kepegawaian, pendidikan, dana desa, pelayanan publik (penyaluran Raskin, pelayanan KTP, SIM SAMSAT), pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, dan kegiatan lainnya yang memiliki risiko penyimpangan tinggi.

“Kami juga meminta kepada seluruh aparatur pemerintahan Kota Sabang untuk menyetop pungli. Masyarakat juga stop memberi,” pintanya.

Dia menegaskan semua tim untuk melaksanakan pelayanan publik sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

“Kepada segenap unsur satgas saber untuk giat bekerja, serius, profesional serta berorientasi pada penghapusan pungli baik secara kultural maupun sistemik . Kedepankan upaya pencegahan dibanding penindakan. Lakukan sosialisasi secara masif, evaluasi SOP pelayanan publik di setiap satuan kerja dan dorong keterbukaan informasi publik lebih baik lagi,” arahnya.

Yang terkahir, dengan adanya Unit Satgas Saber Pungli merupakan alarm bagi kita semua untuk terus evaluasi diri pribadi dan evaluasi Instansi maupun Lembaga tidak hanya Pemerintahan juga untuk semua baik itu di Swasta, Ormas maupun LSM.

BACA..  Tikam Sepupu dengan Pisau, IS Diringkus Polisi

“Tentu itu semua juga harus di dukung dari semua Pihak pada Saber Pungli ini juga ada dari TNI, Polri, Kejaksaan, dan seluruh elemen,” tentunya.

Tegas wqlikota, tugas dalam memberantas  pungli tentu cukup berat, sebab sudah kita ketahui kegiatan Pungli telah berkarat dan mengakar di negeri ini.

“Tetapi diharapkan dengan koordinasi dan kerjasama yang baik, mudah-mudahan tugas berat ini menjadi ringan,” pintanya. (jalal)