Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Akademisi UIN Ar-Raniry: Kader Bela Negara Itu Penting

oleh

Banda Aceh (Atjehdaily)-AkademisiUIN ArRaniry, Muazzinah Yacob menilai upaya pembentukan Kader Bela Negara sangat penting untuk “memahamkan” generasi bangsa bahwa bela negara itu kewajiban semua profesi.

“Kita semua bahwa perihal bela negara adalah wujud profesi bukan saja militerisme,” ujarnya kepada atjehdaily.id, Sabtu, 30 September 2017.

Menurut amatan dia, materi dalam kegiatan tersebut sangat bagus karena peserta dilatih untuk paham secara bersama seluruh komponen dari berbagai lintas untuk menanamkan dalam diri pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan negara.

“Namun hal yang harus diperhatikan juga adalah bagaimana sinergitas ketahanan dalam konsep militerisme dengan ketahanan ekonomi tentunya. Karena ketika masyarakat sejahtera pasti masyarakat akan sangat mampu membela negara,” ujarnya lagi.

BACA..  Ini Kata Dandim 0117 Aceh Tamiang; Tidak Ada Toleransi Bagi Prajurit TNI yang Terlibat Judi

Sebaliknya, kata dia, jika masyarakat dalam kemiskinan, sakit, dan sebagainya, maka jangan harap ketahanan nasional akan terwujud meskipun rakyat dilatih ilmu bela negara.

“Jangan kan membela negara, membela diri sendiri saja tidak mampu,” ungkapnya.

Mengakhiri keterangannya, staf pengajar di universitas Islam ini juga menggugat kata kata yang dulu sangat populer di dengung-dengungkan di era Sukarno dan Suharto, di mana rakyat seakan wajib mencintai negara tanpa batas walau sekalipun jadi korban kebijakan pemerintah selalu penyelenggara negara.

BACA..  Komandan Lanal Sabang Resmikan Penggunaan Pos TNI Angkatan Laut

“Selain adanya pertanyaan apa yang sudah kita berikan untuk negara, negara juga harus menjawab apa yang sudah diberikan untuk rakyat,” pungkasnya. (FD/MU)