Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Berwisata dengan Gajah Sumatera di CRU Sampoiniet Aceh Jaya

oleh

Aceh Jaya (AD) Ingin mencari sensasi berbeda kala berlibur, kawasan konservasi gajah di gampong Ie Jeureungeh, Kecamatan Sampaoiniet, Aceh Jaya salah satu pilihan yang tepat. Gajah Gajah yang telah dilatih dan di jinak kian menyatu dengan pengunjung dengan keakraban yang ditunjukkan oleh hewan berbadan besar ini.

Memang tidak banyak warga Aceh yang mengetahui di kecamatan Sampaoiniet, Aceh jaya ada Conservation Response Unit (CRU) dengan Gajah yang sudah dijinakkan . Bercengkrama dengan gajah sangat lah langka dan tentu memberikan kesan tersendiri,tutur salah seorang mahasiswa Uin Ar Raniry Banda Aceh Teuku Zaghlul Pada Media atjehdaily.id, Senin 2 Agustus 2021.

“Saya baru pertama sekali kesini dan suasananya sangat luar biasa dengan suguhan gajah sangat jinak “ ungkap Zaghlul.

Gajah di bawah pengawasan sang pawang yang dikenal dengan mahout sangat ramah dan cepat akrap dengan pengunjung . “ Kita tidak raga sama sekali bila ingin bermain dan bercengkrama dengan sang gajah,“ tambah Zaghlul.

Kehadiran CRU Sampaoiniet, Aceh Jaya untuk melindungi habitat gajah sumatera (Elephas maximus Sumatranus) yang acap kali terjadi konflik dengan masyarakat yang melalukan kegiatan pertanian dan perkebunan dikawasan hutan Aceh.

Tingginya konflik gajah dengan manusia menyebabkan semakin banyaknya jumlah gajah yang terbunuh dan disertai pula kerusakan tanaman perkebunan rakyat maka pada tahun 2008 CRU di kecamatan Sampaoiniet ini resmi ada.

Lokasi konservasi gajah tepatnya di gampong Ie Jeurengeh, kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya merupakan lokasi pertama di Aceh sebagai Conservation Response Unit (CRU).

Untuk menuju kelokasi ini tidak begitu sulit dan dapat dilalui dengan kendaraan roda empat serta sepeda motor. Berjarak sekitar 120 kilometer Banda Aceh ke Sampoiniet dengan kondisi jalan sangat baik. Cuma sedikit jalan masih belum beraspal memasuki gampong Ie Jeureungeh.

Pemandangan yang di seguhkan dalam perjalan mendekati lokasi juga tidak kalah menariknya dengan berbagai varitas tanaman serta monyet jambul putih. Perjalanan sekitar 3 jam dari Banda Aceh akan menyatu dengan cengkrama ala gajah yang kita terima.

Lokasi CRU Sampaoiniet, Aceh Jaya sangatlah padu dengan sungai yang begitu asri,menambah suasana tambah asyik. Para pengunjung juga dapat bersendagurau dengan makhluk raksasa ini yang juga senang bila dibawa ke sungai.

Menyatu dengan alam dan sekaligus bergaul bersama gajah tentu menjadi pengalaman tersendiri. Berlibur tidak mesti mahal dan lokasi CRU sampoiniet, Aceh Jaya salah satu yang menjadi rekomendasi untuk teman dan keluarga.

TIdak ada patokan harga yang harus di bayar oleh pengunjung, Para mahout dengan ramahnya mengajak pengunjung untuk dapat berinteraksi dengan gajah tanpa rasa takut. Para pengunjung juga dapat menginap di lokasi baik dengan memasang tenda ataupun menyewa pondok yang ada di CRU dengan harga yang sangat terjangkau. Sebagai catatan bagi anda yang ingin ke lokasi CRU supaya dapat membawa makanan perbekalan sendiri karena di tempat konservasi ini tidak ada warung dan kantin.(Teuku Maimun).