Lahan Sawit di Kawasan Jalan 30 Abdya Kembali Terbakar

oleh -75 views
Petugas Damkar dari BPBK Abdya berjibaku memadamkan api di kawasan lahan jalan 30 Babahrot, Abdya.

Abdya (ADC) Sejak kemarin belasan hektare (Ha) lahan sawit milik masyarakat di kawasan Jalan 30 atau Desa Ie Merah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali diamuk si jago merah.

Dari informasi yang didapatkan awak media ini menyebutkan, kebakaran lahan gambut milik warga itu sudah terjadi sejak kemarin. Bahkan, pihak pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya hingga hari ini masih terus berupaya memadamkan api yang belum diketahui dari mana sumbernya tersebut.

BACA..  Polda Aceh Amankan 100 Kilogram Sabu Jaringan Internasional

Salah seorang petugas Damkar dari BPBK Abdya, Abdinar, Selasa 2 Juli 2019 menyebutkan, saat ini dirinya bersama dengan sejumlah personil damkar yang menurunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran masih terus berupaya memadamkan api. “Kami masih di lokasi, sedang berupaya memadamkan api,” sebutnya.

Dilanjutkannya, pemadaman lahan gambut di Desa Ie Merah itu sudah dilakukan semenjak Senin kemarin atas laporan dari masyarakat. “Sejak dilaporkan ke BPBK kita sudah turun untuk memadamkan api,” terang Abdinar.

BACA..  Buka Rapat, Ketua DPRA: Dinamika Dalam Pembahasan Jadi Referensi

Terpisah, kepala BPBK Abdya, Amiruddin yang dikonfirmasi awak media membenarkan, pihaknya saat ini sedang melakukan upaya pemadaman sejumlah titik api di kawasan jalan 30 Babahrot. “Sesuai laporan, saat ini lahan yang sudah terbakar mencapai 15 hektare lebih,” akunya.

BACA..  PDA Resmi Berganti Nama Menjadi Partai Darul Aceh

Terkait dengan sumber api, Amiruddin menduga dari sisa pembakaran sampah yang dilakukan oleh pemilik lahan. “Sumber api belum tahu dari mana karena  tidak ada yang mengaku. Namun kita menduga ada yang membakar sampah, karena lokasi gambut dan cuaca yang panas maka dengan cepat menjalar,” singkat Amiruddin.(AR).