Sejumlah ASN Pemko Sabang Bebas Berbisnis Tanpa Masuk Kantor

oleh -110 views
Kantor BKPSDM Kota Sabang.

Sabang (AD) – Tidak diketahui pasti apakah ada kong kali kong sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkerja dilingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Sabang, mereka bebas berbisnis tanpa harus masuk kantor tempat tugasnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang gajinya setiap bulan dibayar negara.

Namun, beberapa kali dikonfirmasi awak media ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sabang, pihaknya mengaku sudah menyurati dinas-dinas terkait pegawainya yang kerap bolos kerja.

Bahkan, salah seorang pejabat BKPSDM Kota Sabang Heri, ia berjanji akan menindak bagi PNS yang tidak melaksanakan kewajibannya sebagai pegawai negeri dan berbisnis saat jam kerja.

“Kami sudah menyurati kepala dinas yang pegawaian nya kerap bolos dan berbisnis pada saat kerja, begitu pun bagi yang tetap membandel kami akan menindak tegas” ungkap Heri dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Sementara itu, sejumlah PNS yang bekerja di pemerintah Pemko Sabang menilai pihak BKPSDM Kota Sabang tidak memiliki keberanian menindak ASN yang jarang masuk kerja dan berbisnis diluar kantor.

“Mana berani BKPSDM menindak para pegawai negeri yang tidak masuk kerja dan berbisnis, jangan-jangan ada apa-apanya. Masa bertahun-tahun buat ulah namun tetap saja dibiarkan,” kata salah seorang PNS Pemko Sabang, yang namanya minta tidak dipublikasi kepada media ini Rabu (02/06/21)

Hal senada juga disampaikan ASN lainnya, menurut pegawai yang bertugas di kantor Walikota ini, dirinya merasa aneh atas sikap BKPSDM yang dinilai pilih kasih. Pasalnya, atasan dirinya mengancam jika keluar kantor pada jam kerja tanpa izin akan dikenakan sanksi dan memotong haknya diluar hagi bahkan gaji sekalipun.

BACA..  Bambang Antariksa Menilai SK Gubernur Terkait Sekda Aceh Tamiang Cacat Hukum

“Saya heran saja kenapa ada PNS yang berjualan sudah bertahun-tahun, dan sangat jarang masuk kantor tetapi tidak ditindak ada apa kiranya. Sementara, kami setiap apel ditekankan untuk selalu disiplin dan apabila melanggar diancam dengan sanksi,” jelas pegawai ini.

Amatan media ini ada sejumlah PNS Pemko Sabang, yang berbisnis pada jam kerja dan kerap tidak masuk kantor. Sedangkan pihak BKPSDM Kota Sabang terkesan tutup mata ada apa kiranya, mau tau tanyakan saja pada angin lalu. (Jalaluddin Zky).