Borong Kerajinan Aceh di Gani, Istri Sandiaga Uno: Kerajinannya Bagus

oleh -17 views
borong
Istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ny. Nur Asia Uno, saat mengunjungi Sekretariat Dekranasda Aceh Besar, di Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Minggu, (2/5/2021). Foto: Ist
example banner

example banner

JANTHO  (AD)– Borong kerajinan Aceh, Istri Sandiaga Uno turut memuji kualitasnya. Hal tersebut terjadi saat Ny. Nur Asia Uno (Istri Sandiaga Uno/Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), mengunjungi Sekretariat Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Aceh Besar, di Gampong Gani Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Minggu, 02 Mei 2021.

Dalam kunjungan itu, istri Sandiaga Uno tersebut ikut borong (membeli dengan banyak-red) beberapa produk kerajinan khas Aceh. Beberapa produk yang kena borong Nur Asia di antaranya adalah kain songket khas Aceh Besar, tudung saji berbahan rotan, bakul nasi dari anyaman bili, tas dan baju berbordir.

BACA..  Etika Yang Dibutuhkan Dalam Menjalankan Pemerintahan

“Kerajinannya bagus. Motifnya juga dijahit dengan rapi,” kata Nur Asia memberikan tanggapan spontannya.

Kain songket yang dibeli oleh Nur Asia itu ditenun oleh Ira Mutiara. Wanita muda yang usianya 28 tahun itu, diajarkan menenun oleh ibunya Darliana sekira dua tahun lalu. Dalam satu unit kain ukuran 180×1 meter tersebut, Ira membutuhkan waktu 10 hari menenun. Di kain berwarna hitam itu ia menenun motif bungong keupula bercampur pinto Aceh, dua ornament Aceh yang sering menjadi motif pada kerajinan tenun Aceh.

BACA..  Serda Misthori Ikut Giling Padi Sertu Heri Lain Lagi

“Kita jual satu lembarnya satu juta tiga ratus,” kata Ira, penenun muda Mutiara Songket dari Gampong Krueng Kalee Aceh Besar itu.