Bhakti Sosial Kompi B 113 Raider, BKPH Krueng Tiro dan Lintas Komunitas Tanam Pohon

oleh -98 views

example banner

Laporan | Teuku Saiful

Pidie Jaya (AD) –  Program penghijauan dan pembinaan lingkungan hidup kerjasama Kompi B 113 Raider, BKPH Krueng Tiro serta bersama dengan Lintas Komunitas Pidie Jaya melaksanakan bakti sosial penanaman 1000 pohon dipinggir jalan nasional.

Hal ini ditegaskan oleh Danton Kompi B 113 Raider Letda Inf. Ega Haditia Pratama, S. Tr (Han) di seputaran jalan nasional Banda Aceh – Medan, tepatnya dalam wilayah Kecamatan Pante Raja sampai dengan Kecamatan Trienggadeng, Selasa (2/3/2021).

Letda Inf. Ega Haditia Pratama, S. Tr (Han)membuka kegiatan ini ditandai dengan menanam pohon di pinggir Jalan Nasional, tepatnya di Kecamatan Panteraja, Penanaman 1000 pohon ini diikuti juga oleh Personil Polhut dan Pamhut BKPH Krueng Tiro, Muspika Kecamatan Pante Raja, Anggota Satgas Penanganan Konflik Satwa dan Manusia, Komunitas Pijay Gleeh, AGC, Komunitas Jurnalis Pidie Jaya, PMI, serta para pemuda dan masyarakat sekitar Pante Raja dan Trienggadeng.

Danton Ega Haditia Pratama, S. Tr (Han) menjelaskan bahwa program penghijauan ini merupakan program TNI yang dilaksanakan dalam setahun bisa tiga kali bahkan sampai enam kali yang bekerjasama dengan pihak pemerintah, Ormas, OKP, Komunitas maupun dengan masyarakat.

“Harapan kita penanaman pohon ini sebagai motivasi kepada generasi muda untuk lebih berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup,”ujarnya.

Pada kali ini, sebutnya dalam rangka Bhakti Sosial dengan mengusung tema, bersama melestarikan bumi indonesia demi masa depan penerus bangsa, ini adalah salah satu upaya kita untuk melaksanakan pembinaan kepada masyarakat agar lebih mencintai lingkungan. Kita jaga alam, alam jaga kita,”tuturnya.

Katanya, kita jaga alam, alam jaga kita merupakan gagasan kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Letjen TNI Doni Monardo agar pesan ini disampaikan kepada rekan yang lain baik melalui medsos, forum ataupun lainnya.
“Kedepan bisa dilaksanakan terus menerus, kita siap mendukung, perlu dipahami bahwa hutan di Indonesia telah banyak penurunan khususnya di provinsi Aceh karena disebabkan oleh Deforestasi dan Degradasi Hutan, mulai sekarang mari sama- sama Hutan kita jaga dan kita lestarikan bersama,”pungkasnya

BACA..  Kegiatan Posyandu di Masa Pandemi Covid-19

Ega Haditia Pratama, S. Tr (Han) juga menyampaikan terimakasih kepada rekan-rekan Polhut dan Pamhut BKPH Krueng Tiro, anggota satgas konflik satwa dan manusia, komunitas Pijay Gleeh, Komunitas Jurnalis, PMI, Muspika, para pemuda dan masyarakat, serta kepada BPDAS-KA yang sudah membantu menyukseskan kegiatan Bhakti Sosial ini, tutupnya.

Sementara Kepala KPH Wilayah I Aceh, Inayat Syah Putra, S. Hut, MP, melalui Kepala BKPH Krueng Tiro, Muhammad David, S. Hut, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kompi B 113 Raider dan kita akan selalu mendukung dan siap melibatkan personil Polhut dan Pamhut yang ada di BKPH Krueng Tiro, dan mengingat sudah masuk musim kemarau, mari sama-sama kita kita melakukan pengawalan terhadap kebakaran hutan dan lahan.

Kepala BKPH Krueng Tiro juga berharap supaya kedepan kita lebih peduli dengan lingkungan dan memperhatikan kepentingan lainnya, tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara pelestarian lingkungan maka penghijauan sangat mudah dilakukan apabila ada kemauan dari masing-masing individu, karena manfaat penghijauan sangat besar untuk kehidupan dan kesehatan kita.

BACA..  Kegiatan Posyandu di Masa Pandemi Covid-19

Kami mengajak kepada masyarakat agar melakukan penghijauan secara berkesinambungan dan harus yakin bahwa kegiatan ini membawa dampak positif, peran serta masyarakat dalam menanam pohon untuk penghijauan sangat penting sekaligus menjaga pohon-pohon yang telah ditanam dirawat dan dipelihara.

Mengingat anak dan cucu kita juga perlu dan berhak atas udara segar untuk bernafas, tanah yang subur untuk bercocok tanam, air jernih untuk sumber kehidupan, dan kondisi sosial budaya yang layak untuk hidup, sebagai solusinya, tidak ada jalan lain kecuali dengan memberikan ruang bagi gerakan penghijauan seperti yang hari ini dilaksanakan dan disertai dengan upaya-upaya untuk mencegah timbulnya bencana.

Semoga pelaksanaan gerakan penghijauan pada hari ini sukses demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dimasa mendatang.(Rls).