Forum PRB Adakan Penguatan Kesiagaan di Sekolah

oleh -76 views

Banda Aceh (ADC) – Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) dan Badan Penangulangan Bencana (BPBD) Kota Banda Aceh mengadakan kegiatan yang diberi nama “Penguatan Kapasitas dan kesiapsiagaan Sekolah di Banda Aceh”.

Sejumlah sekolah dilibatkan mengikuti Penguatan Kapasitas dan Kesiagaan antara lain MTs dan MAS Darus Syari’ah, SMA 13 dan SMP 12 Gampong Jawa serta SMP dan SMA Inshafuddin Banda Aceh.

Semua sekolah ini adalah representatif dari 16 sekolah yang telah diukur tingkat kesiapsiagaannya dengan menggunakan aplikasi STEP-A yang dikembangkan oleh LIPI, UNESCO, UNDP dan melibatkan berbagai pihak.

Program Manager Forum PRB Kota Banda Aceh Fahmi Ibrahim,SH, dalam rilisnya yang dikirimkan kepada ke media ini mengatakan, kegiatan penilaian atau assessment kesiapsiagaan sekolah dalam mengurangi risiko bencana telah dilaksanakan selama 3 hari yakni mulai tanggal 26,27 dan 29 Januari 2018.

Untuk 16 sekolah SMP, MTsN dan SMA. Survey melibatkan 118 guru dan 881 siswa. Penilaiannya, mencakup pengetahuan, kebijakan, rencana tanggap darurat, sistem peringatan dini dan mobilisasi sumber daya. Dan sekarang, dilanjutkan dengan pendampingan untuk 6 sekolah terpilih.

Pendampingan tersebut diantaranya berupa penyiapan SOP sekolah untuk tanggap darurat gempa dan tsunami yang kini sedang berlangsung di keenam sekolah, mulai tanggal 1 sampa 6 Februari 2018 mendatang., jelasnya.

BACA..  Natalius Pigai: Jakarta Harus Memahami Daerah Konflik

Lebih lanjut ditambahkan, pihaknya juga akan dampingi sekolah untuk latihan baik di dalam ruang maupun di lapangan sebelum akhirnya dilakukan simulasi di masing-masing lokasi.

Pelaksanaan kegiatan yang dimulai sejak 23 Januari 2018 terlaksana atas dukungan UNDP Indonesia dan Pemerintah Jepang serta kontribusi para pihak. Muslem, S.Ag., M. Pd., Sekretaris Dinas pendidikan Aceh, mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut karena dapat menambah pengetahuan bagi guru dan siswa dalam upaya pencegahan dini.

Karena menurut dia, Aceh merupakan daerah rawan bencana gempa bumi dan tsunami. Dengan Simulasi Bencana gempa bumi dan tsunami ini para guru dan siswa tentunya sudah bisa memahami langkah langkah yang harus dilakukan bila bencana.

Sementara, Kepala sekolah SMA 13 Gampong Jawa Dra Cut Anisah, dalam sambutannya mengatakan kita bersyukur dan apresiasi atas pendampingan yang dilaksanakan di sekolah pihak Forum PRB Kota Banda Aceh.

“Atas nama guru dan lembaga kami merasa sangat gembira dipilih menjadi sekolah yang didampingi Forum PRB Kota Aceh bersama dengan stakeholder lainnya. Mengingat lokasi sekolah kami yang sangat rawan terhadap potensi tsunami karena posisinya yang dekat sekali dengan pantai.

“Sejak saya menjabat sebagai Kepala Sekolah SMA 13, kami belum pernah sekalipun diadakan kegiatan serupa untuk kesiapsiagaan kami. Maka, kami juga berterimakasih kepada Dinas pendidikan Aceh yang telah merekomendasi sekolah kami”, kata Ibu Cut.(Jalal)