banner 700250

Masyarakat Penerima ‘UMKM’ Daftar Diri ke ‘Diskoperindag’

oleh -264 views

KUALASIMPANG (AD) – Masyarakat penerima Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ramai ramai daftarkan diri ke Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Yang merasa dan berhak menerima bantuan tersebut.

Bantuan UMKM tersebut adalah bentuk bantuan pemerintah kepada para pelaku usaha dimasa pandemi Covid 19 yang terus berlangsung, bantuan diberikan sejak bulan maret tahun 2020 dari pemerintah pusat senilai Rp.2,4 juta. Disalurkan melalui Bank BRI setempat.

Ana 38 tahun, ketika ditemui atjehdaily.id mengatakan, dirinya mendaftarkan diri, setelah mendapat informasi dari tetangga juga dari pegawai Staf dinas terkait untuk mendapat bantuan UMKM tersebut.

BACA..  Kapendam IM : TMMD Pengabdian Untuk Negeri

Saat ditanya tentang kepastian mendapat bantuan setelah mendaftar “Wallahhu’alam Bhisawab namanya juga usaha kita tunggu aja bang,” katanya.

Kepala dinas Koperindag melalui Sekretarisnya Aditya Purnama SE menjelaskan; dari Rp.12 juta rupiah, penerima bantuan UMKM yang terhimbas COVID – 19 secara Nasional, Aceh Tamiang mengajukan bantuan 6000 orang penerim.

BACA..  Dukung Konservasi, Pangdam IM Lepas Tukik di Pulau Banyak

Kecuali itu, yang disetujui oleh BPKP dan BPK pusat adalah sebanyak 4200 orang warga penerima, saat ini baru 1500 orang yang lagi dicairkan oleh pihak BRI, “pendataan ulang ini dilakukan atas kesepakatan pihak eksekutif dan legeslatif di karenakan banyak pelaku usaha yang masih belum mendapat bantuan modal usaha selama ini,” katanya.

Sementara Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang Fadlon SH saat ditanya mengatakan; banyak warga pedagang kecil yang mendatangi kantor Dewan mempertanyakan tentang bantuan UMKM Imbas Covid – 19 senilai Rp.2,4 juta rupiah itu, berdasarkan kunjungan masyarakat tersebut, pihak Dewan lakukan koordinasi ke Bupati dan hasilnya; Bupati sepakat, perintahkan Koperindag untuk mendata ulang para pengusaha UMKM yang belum terdata dengan tanda kutif yang didata saat ini belum tentu pasti mendapatkan bantuan tersebut. (Zul Herman)