YARA Minta Polda Aceh Tindak Tegas Pemilik Galian C

oleh -88 views

Aceh Utara  (ADC). Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) meminta Polda Aceh, untuk memeriksa pemilik galian C yang diduga ilegal. Galian C ini, berada di Desa Blang Pante kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara.
Permuntaan YARA ini, terkait adanya laporan dari masyarakat yang berada di Kecamatan Paya Bakong kepada YARA. Dimana akibat dari aktifitas ini, menyebabkan lahan perkebunan milik masyarakat di sekitar galian tersebut, amblas akibat dari adanya pengerukan galian C di desa Blang Pante.
Hal tersebut, disampaikan Ketua YARA perwakilan Aceh Utara, Muhammad Abubakar dalam rilisnya yang diterima Media Atjeh Daily, Minggu (30 September 20180.
Dengan adanya laporan dari masyarakat tentang apa yang terjadi dilapangan, diduga aktifitas galian C ini ilegal. “Hal itu diprerkuat berdasarkan surat keterangan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Utara No 660/34 sifatnya penting kepada Keuchik Gampong Blang Pante Kecamatan Paya Bakong, yang diduga selaku pemilik galian C ilegal (milik gampong / saudara Abu Bakar,”ungkap Muhammad.
Sehingga YARA menilai, Dinas terkait dan oknum penegak hukum di Aceh Utara, diduga ikut bermain dalam melegalkan galian C yang sebenarnya ilegal di Gampong Blang Pante. “Kalau hal ini di biarkan berlarut-larut, bukan hanya kebun warga yang akan menjadi korban, salah satu bangunan milik pemerintah yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) yaitu bendungan Alue Ubai akan ambruk akibat terkikis oleh air efek dari pengambilan galian C,”Ujarnya.
“Maka dari itu, kita minta Polda Aceh agar bertindak cepat untu segera menindak pemilik galian C yang menyalahi aturan sesuai dengan pasal 109 Undang Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, serta Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2012,”Pinta Ketua YARA Aceh Utara ini. (Ahmad Fadil/Rel)

BACA..  Cegah Kejahatan, Polri dan Polisi Selandia Baru Tanda Tangani Kerjasama