Tekan Laju Inflasi, Pemerintah Aceh Gelar Pasar Murah

oleh -74 views

Banda Aceh (ADC). Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh bekerjasama dengan Bulog Divre Aceh dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perdagangan Kota Banda Aceh, kembali menggelar pasar murah yang berlangsung di empat lokasi dalam wilayah Banda Aceh.
Gelar pasar murah ini, dimulai hari Senin (1 Oktober 2018) di halaman Masjid Baitussalihin, Ulee Kareng. Dalam pasar murah ini, menyediakan Beras, Gula, Telur, Minyak Goreng, dan Tepung Terigu. Kegiatan ini, akan berlangsung hingga 4 Oktober mendatang.
Harga jualnya pun lebih murah dari pasaran karena telah disubsidi oleh pemerintah. Beras kemasan 10 Kg dijual Rp 85 ribu, Minyak Goreng Rp10 ribu/liter, Gula Rp 10 ribu/Kg, Tepung Terigu Rp 6.500/Kg, dan Telur Rp 29 ribu/papan.
Di Banda Aceh, pasar murah ini digelar di tiga lokasi lainnya, yakni. Di halaman Kantor Camat Meuraxa, Selasa (2 Oktober), Kompleks Rusunawa Keudah-Kuta Raja, Rabu (3 Oktober), dan di depan Taman Makam Pahlawan, Peuniti-Baiturrahman, Kamis (4 Oktober).
Kadisperindag Aceh M Raudhi mengatakan, pasar murah ini merupakan kegiatan rutin Pemerintah Aceh, terutama menjelang peringatan hari-hari besar dan momen lainnya. “Hari ini kita gelar serentak di seluruh Aceh selama empat hari.”
“Di Banda Aceh sendiri total subsidi yang kita berikan untuk lima komoditi utama sebesar Rp 73.800.000,” katanya saat membuka pasar murah di halaman Masjid Baitussalihin, Ulee Kareng.
“Kami berharap agar pasar murah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan. Di samping harganya yang miring, kualitas barangnya juga bagus. Dengan adanya pasar murah ini, kita juga berharap dapat menekan laju inflasi di Aceh,” katanya.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin yang turut hadir di lokasi mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan ini. “Bukan hanya untuk menstabilkan harga dan menekan inflasi, tapi lebih penting dari itu sangat membantu masyarakat miskin yang masih tercatat sekitar 7,2 persen di Banda Aceh.” Ungkap Zainal.
“Kami berharap kepada Pemerintah Aceh dan juga Bulog, agar dapat terus menggelar pasar murah secara reguler di kota kami, karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang kurang mampu,” katanya.
Terlihat hadir pada acara pembukaan pasar murah ini, antara lain. Kepala Bulog Divre Aceh Basirun, Kepala BI Aceh Zainal Arifin Lubih, Kepala BPS Aceh Wahyudin, Asisten II Pemko Banda Aceh, Kadiskop UKM dan Perdagangan Banda Aceh T Iwan Kesuma, dan Kabag Adm Perekonomian Banda Aceh M Ridha.(Ahmad Fadil/Rel)

BACA..  Badan Publik Harus Terbuka Dengan Kritik Dan Saran