Dipimpin Sekda, Sejumlah ASN Luar Daerah Ikut Upacara 1 Juni

oleh -82 views
Prosesi upacara bendera peringatan hari lahir pancasila 1 Juni di Abdya.

Abdya (ADC) – Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) dari sejumlah lembaga di luar Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar Pemerintah setempat. Sabtu (1/7/2019).

Amatan awak media ini, dalam upacara yang dipimpin Sekda Abdya, Drs Thamrin di halaman Kantor Bupati setempat selain diikuti oleh ratusan ASN di lingkup Pemkab Abdya juga terlihat sejumlah ASN dari lembaga lain dari luar yang sedang mudik ke Abdya serta sejumlah anggota DPRK Abdya, unsur Forkompimkab Abdya, kepala SPKP dijajaran Pemkab Abdya dan undangan lainnya.

Dalam kegiatan itu, Sekda Abdya, Drs Thamrin membacakan sambutan plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP), Hariyono yang menyebutkan diantaranya, peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuai yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarata” oleh “panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

“Tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahka. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila suadh tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan Pancasila secara simultan dan terus menerus,” sebut Sekda,

Selain itu, lanjut Sekda dengan merayakan hari kelahiran Pancasila dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berangsa dan bernegara yang lebih baik. “Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan,” paparnya.

Pada akhir sambutan itu disebutkan, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,” tutup Sekda Thamrin.(TM).

BACA..  DPRA Ingatkan Pemerintah Aceh Untuk Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan